Tips Bersepeda untuk Kesehatan

Tips Bersepeda untuk Kesehatan

Ketika ibu pertiwi sedang merencanakan tubuh manusia, dia tidak memperhitungkan bahwa suatu hari kita akan bepergian dengan dua roda sambil menghabiskan berjam-jam duduk di atas pelana kecil yang mencondongkan tubuh ke depan dan mengayuh dengan agresif.

Mengendarai sepeda adalah aktivitas fisik yang intens. Ini dapat memberi banyak tekanan pada bagian dan sistem tubuh utama seperti sirkulasi, otot dan bahkan kulit.

Kita perlu selalu waspada dan melakukan tindakan preventif dalam hal bersepeda untuk kesehatan, agar kita tidak perlu terlalu lama beranjak dari tempat duduk tersebut.

Catatan – Ketika saya pertama kali menulis halaman ini, itu sebelum saya Tur Sungai Rhine. Sekarang saya tahu betapa pentingnya bersepeda yang sehat, terutama dalam perjalanan jauh.

Bersepeda untuk Kesehatan – Mulai dari Awal

Apa pun tingkat kebugaran Anda, bersepeda dapat dimasukkan ke dalam jadwal Anda untuk meningkatkan kebugaran dan kualitas hidup Anda secara keseluruhan. Jika saat ini Anda tidak sedang berolahraga, berkonsentrasilah untuk menjadikan kebugaran sebagai bagian dari hidup Anda. Akan ada waktu untuk meningkatkan kebugaran Anda, tetapi jangan lupa untuk menikmati pemandangan sepanjang perjalanan!

Untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular Anda, pertimbangkan untuk bersepeda minimal 30 menit, tiga kali seminggu. Setelah beberapa minggu Anda akan mulai merasa lebih kuat, dan bersepeda lebih nyaman. Pada titik ini, pikirkan tentang memperpanjang perjalanan bersepeda Anda menjadi 45-60 menit, 4-5 kali per minggu. Jika Anda meningkatkan jumlah latihan secara bertahap, Anda akan terhindar dari cedera dan ketidaknyamanan yang berlebihan.

Ingat, jika Anda secara teratur meluangkan waktu dalam seminggu untuk fitnes, manfaat kesehatan dari bersepeda akan segera terlihat bagi Anda setelah beberapa saat.

Berbagai Jenis Berkuda untuk Semua Tingkat Keterampilan

Bersepeda menawarkan sesuatu untuk semua orang. Ingat, Anda tidak perlu mengayuh melewati kilometer yang menyakitkan dan tak terhitung jumlahnya untuk menikmati manfaat bersepeda. Cukup bersepeda ke kantor atau sekolah beberapa kali dalam seminggu akan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Lain kali Anda bepergian, pikirkan tentang menikmati pemandangan dengan roda dua. Banyak kota menawarkan wisata bersepeda. Ini memungkinkan Anda untuk menikmati pemandangan dengan kecepatan yang lebih lambat – semua saat Anda berolahraga. Siapa sangka fitnes itu mudah?

Jika Anda mencari lebih banyak petualangan, pertimbangkan untuk bersepeda gunung. Pikirkan bersepeda gunung sebagai mendaki dengan dua roda. Anda tidak hanya dapat menemukan diri Anda berkelok-kelok di sepanjang kilometer yang damai dari satu jalur, tetapi jika Anda lebih berani, Anda juga dapat menemukan diri Anda terbang menuruni bukit dan jurang berbatu!

Apa pun tingkat kebugaran atau keinginan Anda, bersepeda memiliki sesuatu untuk ditawarkan kepada Anda.

Berikut beberapa tips bersepeda untuk kesehatan:

  • Konsultasikan dengan dokter Anda sebelumnya – Selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum Anda mulai bersepeda, dan terutama bila Anda akan mengubah kebiasaan bersepeda Anda (tingkatkan kecepatan aktivitas fisik Anda).
  • Lakukan pemanasan tubuh Anda – Melakukan peregangan secara menyeluruh sebelum dan sesudah bersepeda adalah praktik yang baik. Ini sangat membantu dalam mencegah terjadinya cedera
  • Jaga hati Anda – Bahkan jika Anda seorang pengendara sepeda motor berpengalaman, merupakan praktik yang baik untuk memulai perjalanan Anda dengan kecepatan mudah di atas permukaan tanah yang rata. Saat keterampilan bersepeda Anda meningkat, Anda dapat memilih medan & kecepatan bersepeda yang lebih menantang
  • Ubah posisi pegangan setang sepeda Anda – Ubah pegangan Anda, dan sering-seringlah berjabat tangan ke bawah agar darah mengalir dan untuk mencegah nyeri atau mati rasa pada lengan dan tangan Anda.
  • Ubah posisi tempat duduk Anda – Penunggang panjang membutuhkan pelana kecil. Ini dapat menyebabkan rasa sakit, dan meningkatkan (dalam kasus yang jarang terjadi) risiko impotensi. Beli pelana nyaman yang pas
  • Istirahat berkala – Turun dari sepeda Anda dan berjalan-jalan setiap 30 menit atau lebih untuk mendapatkan aliran darah ke bagian penting dari tubuh Anda
  • Bersikaplah lembut dengan persendian Anda – Bersepeda relatif baik untuk persendian Anda, tetapi tetap menuntut. Bersikaplah lembut terutama dengan lutut Anda. Berhentilah berkendara jika ada rasa sakit. Mungkin kursi Anda terlalu rendah
  • Pendinginan – Setelah bersepeda berhenti sejenak, turun dari sepeda, dan lakukan peregangan lagi. Pastikan untuk minum air Tips bersepeda untuk kesehatan ini akan membantu Anda tetap menjadi pengendara sepeda yang sehat selama bertahun-tahun yang akan datang.

Leave a Reply