Inilah Manfaat Bermain Boneka untuk Anak

Anak-anak memang identik dengan mainan, tak terkecuali bayi. Meskipun di awal usia kelahirannya masih belum diperbolehkan, namun memberikan mainan di usia minimal 6 bulan memiliki manfaat yang sangat baik. Anda bisa dengan muda menemukan tempat jual boneka baik itu online maupun offline. Lalu, apa saja manfaat dari bermain boneka ini?

Manfaat Memainkan Boneka pada Anak

  1. Melatih sistem motorik

Manfaat pertama dari bermain boneka adalah melatih sistem saraf motorik anak. Setiap boneka pasti memiliki tekstur serta bentuk yang beragam. Di usia dini, membiasakan anak memegang boneka akan membantu saraf mereka mengenali benda-benda di sekitar. Untuk awal-awal, cobalah berikan boneka berbahan lembut terlebih dahulu. Hindari memberikan mainan keras karena cukup berbahaya bagi kulit anak.

  1. Melatih keterampilan sosial

Setiap anak memiliki karakter berbeda-beda seperti pemberani, pemalu, atau penakut. Membiasakan mengajak anak memainkan boneka bisa membantu melatih komunikasi sejak dini sebelum bertemu banyak orang-orang baru. Mainan jari adalah salah satu yang cukup direkomendasikan untuk anak masih berusia dini. Biasanya mainan ini tersedia di berbagai toko perlengkapan bayi.

  1. Merangsang imajinasi

Semakin usianya bertambah, si kecil akan memiliki daya pikir yang lebih baik, salah satunya adalah kemampuan berimajinasi. Ajak bayi bermain mainan untuk merangsang daya imajinasi mereka. Pada awalnya, mungkin mereka hanya akan menjadi penonton saja. Akan tetapi, semakin sering dia dilibatkan, ia juga akan terangsang membuat ceritanya sendiri.

  1. Membantu melatih indera pendengaran

Mungkin bayi belum bisa berkomunikasi secara dua arah di usianya yang masih sangat muda. Akan tetapi, bukan berarti mengajak bermain boneka tidak memiliki manfaat. Justru setiap aktivitas ini dilakukan, indera pendengaran anak akan menjadi lebih terlatih. Bahkan, beberapa dokter anak menganjurkan orang tua selalu mengajak bayi berkomunikasi verbal. Benda ini adalah salah satu media untuk itu.

Tips Memilih Mainan untuk Buah Hati

Ada beberapa hal perlu Anda perhatikan ketika ingin membeli mainan. Pertama, sesuaikan boneka dengan usia mereka. Di usia-usia awal, pilihlah mainan bertekstur lembut agar tidak berbahaya ketika dipegang oleh mereka. Seiring bertumbuhnya usia, Anda kemudian bisa memberikan tekstur lebih padat guna melatih sensor perabaan bayi.

Selanjutnya, pastikan memilih mainan dengan warna yang menarik. Hindari memilih warna-warna gelap seperti hitam. Warna terbaik untuk dipilih adalah warna pastel, misalnya kuning, merah, biru, dan hijau. Ini akan membuat mereka menjadi lebih mudah fokus ke mainan tersebut.

Setelah mengetahui manfaat tersebut, mungkin Anda sedang mencari tempat yang tepat untuk membelinya. Jangan khawatir, saat ini ada tempat jual perlengkapan bayi terlengkap serta dapat diakses secara online, yaitu Orami. Di sini tersedia berbagai macam keperluan bayi lainnya seperti pakaian, mainan, dan alat mandi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *