Apa standar ISO?

Apa standar ISO?

Standar ISO adalah bagian dari sistem manajemen didalam perusahaan dan organisasi. Kami menggunakannya untuk memilih syarat-syarat dan proses. Memang, standar ISO menentukan kerangka kerja untuk buat persiapan sistem manajemen untuk mengatasi pengecekan dan syarat-syarat yang diperlukan di berbagai bidang.

Standar ISO adalah pedoman, bukan instruksi terperinci
Standar ISO kebanyakan tidak memiliki kandungan syarat-syarat khusus atau uraian terperinci, mereka hanya menyediakan kerangka kerja untuk menciptakan sistem manajemen mutu atau Sistem Manajemen Keamanan Informasi, misalnya.

Prinsip standar ISO
Ada kesamaan yang punyai sebagian besar standar ISO: Pemahaman ISO 14001:2004

Plan-Do-Check-Act: Setelah sistem diimplementasikan, pe nyusunan rancangan perbaikan konsisten yang butuh pengukuran dan penilaian berikut.

Tanggung jawab manajemen: Manajemen puncak mesti bertanggung jawab atas pendekatan organisasi untuk memenuhi syarat-syarat dari sumber eksternal dan internal.

Perbaikan sistem manajemen: Proses organisasi mesti tetap ditinjau dan diperbaiki, dan sistem manajemen terhitung mesti dievaluasi sebagai bagian dari sistem.

Keuntungan dari pendekatan generik
Sifat generik dari standar ISO membuatnya mampu diterapkan secara universal ke berbagai organisasi, lepas dari ukuran atau jenis bisnisnya. Kerangka kerja ini amat mungkin organisasi untuk merancang dan mengimplementasikan sistem dengan langkah yang paling cocok dengan keperluan mereka. Oleh dikarenakan itu, tiap-tiap organisasi mampu fokus pada pencapaian tujuannya sendiri dan tidak mesti memenuhi syarat-syarat yang tidak sesuai.

Apa itu ISO? konsultan iso jakarta
ISO (Organisasi Internasional untuk Standardisasi) adalah pengembang standar internasional terbesar di dunia. Dengan demikian, standar internasional ini menambahkan spesifikasi mutakhir untuk produk, layanan, dan Praktik Terbaik. Hal ini membawa dampak industri lebih efektif dan efektif. Standar dibikin melalui konsensus global, itulah sebabnya mereka membantu mendobrak hambatan untuk

perdagangan internasional.

Pekerjaan ISO
Oleh dikarenakan itu ISO mengembangkan standar internasional. Sejak didirikan pada tahun 1947, ISO sudah menerbitkan lebih dari 19 standar internasional yang mencakup hampir semua faktor teknologi dan perdagangan. Misalnya, dari keamanan pangan sampai computer dan dari pertanian sampai perawatan kesehatan, standar ISO mempengaruhi semua kehidupan kita. Anggotanya berasal dari 000 negara dan 164 organisasi teknis dan bertanggung jawab untuk mengembangkan standar. Lebih dari 3 orang bekerja penuh selagi di sekretariat pusat ISO di Jenewa, Swiss.

Di dunia TI, referensi kerap dibikin untuk ISO 9001 dan ISO 27001 standar.

ISO 9000, ISO 9001, ISO 9004 dan ISO 90011 biro jasa pengurusan halal Jakarta
Standar ISO-9001 adalah yang dianggap secara internasional standar untuk sistem kualitas. Standar selanjutnya menyatakan, antara lain, syarat-syarat minimum yang mesti dipenuhi oleh sistem mutu sehingga memenuhi syarat untuk mendapatkan sertifikat ISO-9001.

Standar ISO memuat sekitar 20 paragraf di mana syarat-syarat dijelaskan, misalnya, sistem koordinasi tugas dan konsultasi. Tetapi terhitung tentang penanganan keluhan, manajemen proses, penilaian kontrak dan perencanaan kapasitas. Singkatnya, bagaimanapun, syarat-syarat artinya bahwa organisasi mesti tunjukkan bahwa ada kesepakatan yang tahu (baca uraian proses) tentang langkah kerja organisasi. Anda terhitung mesti tunjukkan bahwa Anda benar-benar bekerja seperti itu.

isonorm.jpg
Persyaratan pelanggan adalah masukan dari sistem manajemen mutu organisasi. Persyaratan selanjutnya antara lain mesti menghasilkan product atau jasa (output) yang memuaskan pelanggan. Oleh dikarenakan itu, organisasi mesti menegaskan bahwa terjemahan yang benar dari syarat-syarat ke didalam product yang dihargai oleh pelanggan berlangsung dengan menerapkan sistem manajemen mutu (bagian didalam wujud oval). Ketika merubah syarat-syarat jadi produk, organisasi coba menaikkan kepuasan pelanggan dengan tetap menaikkan efektivitas dan efisiensinya sendiri. Ini ditunjukkan pada gambar oleh panah di atas lingkaran. Kotak mewakili grup yang di dukung oleh sistem kualitas.

Gambar di bawah ini tunjukkan interaksi antara standar dan pedoman ISO paling penting.

isonorm2.jpg
ISO 27001, standar internasional untuk keamanan informasi
ISO / IEC 27001: 2013 (ISO 27001) adalah standar internasional yang jadi Praktik Terbaik untuk ISMS (sistem manajemen keamanan informasi). Mencapai sertifikasi terakreditasi ISO 27001 tunjukkan bahwa kami mengikuti Praktik Terbaik Keamanan Informasi. Ini terhitung menambahkan verifikasi ahli mandiri bahwa kami mengontrol keamanan informasi cocok dengan Praktik Terbaik internasional. Kode Praktik Manajemen Keamanan Informasi terkait, ISO/IEC 27002:2013, membantu ISO 27001.

Lebih banyak standar ISO untuk TI
Daniel Dresner dari National Computing Center memperkenalkan delapan standar yang bakal membentuk fondasi yang kuat untuk sistem TI organisasi kami.

Artikel ini menambahkan pengantar singkat untuk standar berikut.

ISO 15288 Teknologi informasi – Manajemen siklus hidup – Tahap siklus hidup sistem.
ISO 9126 Perangkat lunak- teknik – Kualitas produk.
BS 15000 Manajemen Layanan TI.
ISO 15504 Teknologi informasi – Penilaian sistem perangkat lunak.
GDPR (juga ada sebagai standar ISO).
MULAI Teknik perangkat lunak untuk sistem yang andal dan tepercaya.
e-GIF – kerangka kerja interoperabilitas untuk eGovernment.
Pedoman ISO 18019 untuk desain dan persiapan fokus pengguna untuk perangkat lunak aplikasi.
Apa perbedaan antara standar INK dan ISO?
Standar ISO memang adalah basic dari sistem – baca: sistem manajemen mutu – dari sebuah organisasi. Ini mengatakan desain sistem manajemen mutu dan syarat-syarat yang mampu ditetapkan untuk itu. Selain itu, menambahkan pedoman untuk lakukan audit dan pedoman untuk peningkatan kinerja. Namun, jenis pengelolaan INK memang dimulai dari titik ini. INK membedakan tingkat kedewasaan dan dengan demikianlah tunjukkan seperti apa memang peningkatan kinerja itu. Selain itu, INK amat mungkin pengujian konkrit pada pertumbuhan di berbagai bidang organisasi. Oleh dikarenakan itu ISO dan INK saling melengkapi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *